in

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap: Niat dan Doa

Tata cara sholat taubat nasuha, mulai dari niat hingga doa sholat taubat menjadi hal yang wajib dipahami oleh seorang muslim. Sebab, taubat yang paling baik adalah taubat nasuha.

Secara bahasa, taubat berarti kembali. Taubat secara istilah berarti kembali kepada syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan meninggalkan dosa karena takut kepada Allah, mengakui kesalahan dan menyesal sedalam-dalamnya serta berjanji untuk tidak mengulangi dosa-dosa yang telah diperbuat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti akan mengampuni dosa hamba-Nya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh, yaitu taubat nasuha.

Allah Subhanadu wa Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai….” [QS. At-Tahrim ayat 8]

Setelah seseorang menyadari dan mengakui kesalahan serta dosa-dosanya dan ingin bertaubat kepada Allah, maka dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk melakukan shalat taubat, sebagaimana sabda Nabi dalam hadits,

“Tiadalah seseorang yang berdosa kemudian ia berwudu dengan sebaik-baiknya, lalu salat dua raka’at memohon ampun kepada Allah, kecuali Allah mengampuninya.” [HR. Ahmad dan Ash-habus Sunan]

Tata Cara, Niat dan Bacaan Doa Sholat Taubat

Anak kecil sholat

Berdasarkan hadits di atas, shalat taubat adalah shalat sunnah yang terdiri dari dua rakaat yang dilakukan seorang muslim sebelum bertaubat dan memohon ampun kepada Allah.

Sholat taubat juga memiliki keutamaan yaitu janji pengampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas dosa-dosa hamba-Nya jika bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Ini menjadi bukti akan rahmat dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, Dia akan mengampuni dosa-dosa seorang hamba yang mau memohon ampun kepada-Nya.

Time needed: 30 minutes.

Tata cara shalat taubat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sholat-sholat lain. Berikut ini cara sholat taubat lengkap dengan bacaan niat dan doa.

  1. Berwudhu

    Wudhu adalah salah satu syarat sah sholat, sehingga wajib hukumnya seorang yang akan melaksanakan shalat, termasuk shalat taubat untuk berwudhu terlebih dahulu.

    Wudhu, Tata Cara Sholat Taubat

  2. Baca Niat Sholat Taubat

    Berikut ini adalah bacaan niat sholat taubat:

    “Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”

    Artinya:
    “Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

    do'a mustajab jum'at

  3. Membaca Bacaan Sholat Taubat

    Tidak ada bacaan-bacaan doa khusus ketika melaksanakan sholat taubat. Seperti pada shalat lain, bacaan doa dan tata cara sholat taubat juga sama yakni takbiratul ihram, membaca Al-Fatihah pada setiap rakaat dan membaca suratan pendek, ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, duduk tasyahud, dan salam.

    Lakukan sholat taubat dengan khusyuk, ingatlah dosa-dosa yang pernah dilakukan dan memohon ampun kepada Allah.

    doa sholat taubat

  4. Berdoa dan Memohon Ampun kepada Allah

    Setelah shalat, beristighfar, dan berdoa kepada Allah serta memohon kepada-Nya agar diampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.

    Inti dari shalat taubat adalah memohon ampun kepada Allah, dengan menyesali perbuatan dosa yang telah dia lakukan dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

    Istighfar Sholat Taubat

Itulah tata cara sholat taubat lengkap mulai dari niat, dan bacaan doa. Semoga dengan bertaubat dengan sungguh-sungguh dan melakukan sholat taubat, dosa-dosa yang telah diperbuat akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan kita semua dijauhkan dari segala perbuatan dosa.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0