berdoa
in ,

Sunah Harian yang Mudah Dilakukan, Tapi Sering Terlewatkan

Sunah menjadi salah satu pedoman umat Islam setelah Alquran, dalam menjalankan praktik ibadah dan kehidupan yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Ada banyak sekali sunah-sunah yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad semasa hidup yang bisa menjadi contoh bagi umat Islam.

Banyak yang beranggapan bahwa ibadah sunah hanya terkait dengan ibadah khusus seperti shalat sunah, shalat malam, puasa sunah dan sebagainya.

Namun sebenarnya, sunah yang mudah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga banyak, namun banyak orang yang sering melewatkannya.

Berikut ini adalah beberapa amalan sunah harian yang mudah dan ringan untuk diamalkan, namun banyak yang melewatkannya.

Mengawali Sesuatu dengan Mengucap Basmalah

keutamaan dua ayat terakhir al-baqarah

Sunah yang ringan untuk dilakukan tapi sering terlewatkan adalah mengawali segala sesuatu dengan mengucap basmalah.

Memakai baju, meminum air, memulai aktivitas dan pekerjaan akan bernilai pahala jika diawali dengan mengucapkan basmalah.

‘Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.’

Mulailah untuk membiasakan diri mengucapkan basmalah di setiap awal aktivitas agar aktivitas yang kamu lakukan bernilai ibadah.

Senyum

Mungkin banyak muslim yang sudah memahami bahwa senyum adalah salah satu sedekah yang paling mudah untuk dilakukan.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu.” [HR Tirmidzi no. 1956, sahih]

Senyum adalah salah satu sunah yang dicontohkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Senyum bisa menebarkan kegembiraan dan energi positif bagi seseorang.

Berwudu Sebelum Tidur

Salah satu sunah yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah berwudu sebelum tidur. Padahal, sunah ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Jika seseorang tertidur dalam keadaan sudah berwudu, maka ia tertidur dalam keadaan suci dan malaikat akan menjaga orang tersebut selama tidur.

Selain itu, malaikat juga akan mendoakan agar orang tersebut diampuni dosa-dosanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sampai malaikat berdoa: ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci’.” [HR Ibnu Hibban]

Written by Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0