0

Perang serta pertempuran besar yang dialami umat Islam di masa lalu menjadi bagian dari sejarah perjuangan pasukan muslimin ketika memperjuangkan Islam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menyebarkan agama Islam diketahui mengalami banyak rintangan dan halangan.

Gangguan demi gangguan yang dialami Rasulullah ketika berdakwah selalu saja dilakukan oleh kaum pembenci dengan tujuan memecah persatuan umat Islam dan mengagalkan misi dakwah Rasul.

Perang Besar dalam Sejarah Islam

Sejarah Pertempuran Islam

Sejak awal kemunculannya di masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Islam selalu diperangi oleh mereka yang membenci dakwah Rasulullah.

Demi mempertahankan agama, keyakinan serta persatuan umat, para pejuang muslim melakukan jihad dalam rangka membela agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam sejarah, tercatat ada beberapa perang besar yang melibatkan pasukan muslimin. Beberapa diantaranya, bahkan dikomandoi langsung oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berikut ini daftarnya.

Perang Badar

Ini adalah perang besar pertama yang dialami umat Islam di masa Rasulullah. Perang yang terjadi 17 Ramadan 2 H ini mempertemukan pasukan muslimin menghadapi pasukan Quraisy.

Kala itu, pasukan kaum muslimin yang hanya berjumlah 313 orang itu harus bertempur menghadapi 1.000 pasukan Quraisy dari Mekkah.

Atas pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, meskipun pasukan muslimin kalah dalam jumlah, namun mereka mampu mengalahkan pasukan Quraisy dan memenangkan pertempuran.

Perang Uhud

Sejarah pertempuran yang melibatkan umat Islam selanjutnya adalah Perang Uhud.

Perang antara kaum Muslimin menghadapi pasukan kafir Quraisy ini terjadi pada tanggal 7 Syawal tahun 7 H.

Pada perang ini, pasukan Islam yang berjumlah 700 orang harus menghadapi pasukan Quraisy yang berjumlah 3.000 orang.

Rasulullah sendiri yang memimpin pasukan Muslimin dalam Perang Uhud, sementara pasukan Quraisy dipimpin oleh Abu Sufyan.

Perang yang terjadi di Bukit Uhud ini hampir saja dimenangkan oleh pasukan Muslimin. Saat itu, pasukan Quraisy berhasil dipukul mundur oleh pasukan Muslimin.

Namun karena tidak disiplinnya para pasukan yang berada di atas bukit yang tergiur dengan harta rampasan perang, mereka pun meninggalkan pos-pos mereka.

Padahal, sebelumnya Rasulullah sudah memerintahkan mereka untuk tetap berada di atas bukit dalam kondisi apapun.

Namun karena ketidakdisiplinan para pasukan, akhirnya para pasukan Quraisy yang tadinya sudah berhasil dipukul mundur berhasil membalikkan keadaan.

Perang Mut’ah

Ini merupakan salah satu perang dahsyat yang pernah dialami umat Islam. Pasukaan kaum Muslimin yang berjumlah 3.000 pasukan harus berhadapan dengan 200.000 pasukan Bizantium.

Sebab terjadinya perang ini adalah ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengirim surat melalui utusannya, Harits bin Umair Radhiallahu ‘anhu kepada Raja Bushra.

Namun, ketika utusan ini sampai di Mu’tah (Timur Yordania), ia dihadang dan dibunuh.

Padahal, hal tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya. Karena membunuh utusan perdamaian sama saja dengan mengibarkan bendera perang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam marah akibat tindakan jahat ini, beliau mengirim pasukan perang pada Jumadil Awal tahun ke-8 Hijriah yang dipimpin oleh Zaid bin Haritsah.

Rasulullah, untuk pertama kalinya mengangkat tiga panglima perang sekaligus. Seperti diketahui, pada saat itu kekuatan militer Romawi memang tidak ada yang menandingi.

Rasulullah bersabda, “Jika Zaid mati syahid, maka Ja’far yang menggantikannya. Jjika Ja’far mati syahid, maka Abdullah bin Rawahah penggantinya.”.

Singkat cerita, perang besar pun terjadi. Meski kalah jumlah, pasukan kaum Muslimin terus dibakar semangatnya untuk memenangkan peperangan.

Pasukan dibawah pimpinan Zaid bin Haritsah ini terus melakukan perlawanan, namun sayang, panglima perang mereka, Zaid bin Haritsah harus gugur dalam peperangan ini.

Sesuai dengan sabda Rasulullah, Ja’far Bin Abi Thalib kemudian menggantikan Zaid bin Haritsah sebagai panglima perang.

Ja’far juga syahid ketika peperangan ini, panglima perang digantikan oleh Abdullah bin Rawahah yang juga harus gugur ketika melaksanakan tugasnya.

Akhirnya, pasukan kemudian mengangkat Khalid bin Walid sebagai panglima.

Dalam kepemimpinannya ini, karena menyadari mustahil mengalahkan 200 ribu pasukan hanya dengan 3000 orang saja, Khalid bin Walid pun menyusun strategi perang untuk melemahkan mental.

Dalam startegi ini, Khalid bin Walid melakukan pergatian sisi pasukan setiap hari sehingga lawan mengira bahwa ada bantuan yang di kirimkan pada mereka.

Selain itu, beliau juga memerintahkan pasukan agar menarik pelepah pohon setiap melangkah ke medan perang sehingga pasukan musuh mengira ada bantuan yang datang.

Dan hasilnya, ternyata pasukan Romawi ini terkecoh dengan strategi itu. Hal itu berhasil membuat pasukan Romawi mundur.

Jumlah korban dari pasukan Muslimin berjumlah 12 orang yang syahid. Sementara itu, pasukan Romawi harus kehilangan 20.000 pasukan.

Perang Tabuk

Setelah perang Mut’ah, kaum Muslimin mendengar bahwa pasukan Romawi dan Ghassan sedang mempersiapkan pasukan besar untuk menyerang kaum Muslimin.

Mendengar hal itu, Rasulullah kemudian menyiapkan pasukan demi melindungi kaum Muslimin. Meski dalam kondisi yang sulit karena kemarau dan kelaparan yang melanda, Rasulullah berhasil mengumpulkan 30.000 pasukan.

Kemudian beliau melakukan ekspedisi ke Tabuk, sesampainya di Tabuk, Rasulullah tidak menemukan satupun pasukan Bizantium di sana.

Menurut sumber, pasukan Bizantium langsung menarik diri setelah mendengar pasukan Muhammad datang ke Tabuk. Peperangan pun tidak terjadi

Itulah beberapa sejarah pertempuran Islam yang pernah terjadi di masa lalu. Sebenarnya masih ada banyak kisah-kisah sejarah tentang perang dahsyat yang terjadi pada umat Islam di masa lalu.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Huek! Huek!
0
Huek!
Kesel Kesel
0
Kesel
Menarik Menarik
0
Menarik
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Sedih Sedih
0
Sedih
Suka Suka
0
Suka
Takut Takut
0
Takut
Wow Wow
0
Wow
Nazar

Penggemar klepon dan tempe penyet.

Komentar

komentar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format