in

Mengapa Cicak Dianjurkan Untuk Dibunuh dalam Islam?

Cecak atau cicak adalah salah satu hewan yang biasa dan sering ditemui di dalam rumah atau pohon-pohon. Biasanya, cicak merayap di dinding atau di atas langit-langit rumah.

Hewan ini memiliki jenis yang beragam, ada cicak tembok yang biasa ditemui di dalam rumah, cicak kayu, cicak gula, dan juga cicak batu.

Dalam agama Islam, ada sebuah hadits yang menganjurkan untuk membunuh hewan kecil yang satu ini, bahkan dikatakan bahwa barangsiapa yang membunuh cicak dengan sekali pukulan akan mendapatkan pahala.

“Nabi shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, beliau menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik.” [HR. Muslim no. 2238]

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga pernah menganjurkan untuk membunuh cicak, karena dahulu cicak ikut membantu meniup api untuk membakar Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” [HR. Bukhari no. 3359]

Membunuh Cicak Mendapat Pahala?

Cicak Cicak Di dinding

Selain dianjurkan, membunuh cicak juga akan mendatangkan pahala bagi orang yang membunuhnya. Seperti dalam hadits berikut,

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” [HR. Muslim, no. 2240]

Kata Imam Nawawi, dalam satu riwayat disebutkan bahwa membunuh cicak akan mendapatkan 100 kebaikan.

Dalam riwayat lain disebutkan 70 kebaikan. Kesimpulan dari Imam Nawawi, semakin besar kebaikan atau pahala dilihat dari niat dan keikhlasan, juga dilihat dari makin sempurna atau kurang keadaannya.

Seratus kebaikan yang disebut adalah jika sempurna, tujuh puluh jika niatannya untuk selain Allah. Wallahu a’lam.

Ditulis oleh Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0