in ,

Inilah Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis dalam Islam

Fasting Sunnah

Selain puasa wajib di bulan suci Ramadan, umat Islam juga mengenal banyak puasa sunnah. Meski tidak wajib untuk dilakukan, namun puasa sunnah juga memiliki banyak keutamaan.

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan adalah puasa pada hari Senin dan Kamis. Selain pahalanya yang besar, anjuran untuk melakukan puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaan dan manfaat.

Berikut ini adalah manfaat melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis dalam Islam.

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan adalah puasa pada hari Senin dan Kamis. Selain pahalanya yang besar, anjuran untuk melakukan puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaan dan manfaat.

Sebagai Perisai Diri untuk Mengontrol Hawa Nafsu

Salah satu manfaat puasa ialah menjadi perisai diri untuk mengontrol hawa nafsu.

Di bulan suci Ramadan, orang-orang akan menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala serta lebih taat dalam beribadah dibandingkan hari-hari biasa.

Jika Ramadan telah berakhir, kita bisa tetap menjaga kebiasaan baik tersebut dengan melakukan puasa Senin dan Kamis.

Selain itu, berpuasa sunnah juga akan membuat diri kita terbiasa untuk melakukan hal-hal yang mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Melatih Diri untuk Disiplin

Dengan berpuasa sunnah, kita juga bisa melatih diri untuk bisa tetap disiplin. Sehingga kebiasaan baik yang sudah rutin dijalankan selama bulan Ramadan ini juga terus terbawa meski Ramadan sudah berlalu.

Selalu merasa bahwa Allah sedang mengawasi gerak-gerik kita juga akan membuat kita selalu takut untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Akan Selalu Tumbuh Rasa Syukur

Menahan rasa lapar dan haus selama berpuasa akan meningkatkan rasa syukur seseorang ketika sedang berbuka.

Dengan menjalankan puasa, akan menumbuhkan rasa simpati, terutama kepada mereka yang hidup dalam kekurangan. Sehingga, kita akan menjadi lebih tahu tentang bagaimana cara mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan.

Kesehatan Tubuh Terjaga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa puasa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Saat berpuasa, sistem pencernaan tubuh akan lebih banyak beristirahat, sementara itu sistem tubuh yang lain akan bekerja dengan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan puasa Senin Kamis. Semoga kita bisa menjalankan sunnah ini secara rutin agar mendapatkan pahala dan manfaat.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0