in

Iman Kepada Kitab Allah: Pengertian dan Nama Kitab-Kitab Allah

Salah satu rukun iman dalam Islam adalah beriman kepada kitab-kitab Allah yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada para utusan-Nya.

Beriman kepada kitab-kitab Allah berarti seorang muslim telah menjalankan rukun iman yang ke-3.

Ada berapa rukun iman dalam Islam?

Dalam agama Islam, ada 6 rukun iman yang menjadi pilar-pilar keimanan dalam agama Islam. Berikut ini adalah 6 rukun iman, yaitu:

1. Beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
2. Beriman kepada Malaikat Allah
3. Beriman kepada Kitab-Kitab Allah
4. Beriman kepada para Rasul Allah
5. Beriman kepada hari akhir
6. Beriman kepada qada dan qadar

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah berarti mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan kitab-kitab-Nya yang merupakan Kalam (ucapan) Allah kepada para nabi dan rasul sebagai pengajaran dan pedoman hidup bagi manusia.

Di dalam agama Islam, setiap muslim meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para nabi dan rasul. Ada 4 kitab yang wajib diyakini dan diimani, yaitu:

1. Kitab Taurat

Kitab Taurat adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa ‘Alaihis Salam yang diajarkan kepada Bani Israil.

Kitab Taurat berisikan syariat (hukum) ketauhidan yang memerintahkan untuk hanya menyembah Allah semata. Berikut adalah 10 perintah Allah dalam Taurat:

  1. Kewajiban untuk meyakini ke-Esaan Allah
  2. Larangan untuk menyembah berhala
  3. Larangan untuk menyebut nama Allah dengan sia-sia
  4. Perintah untuk mensucikan hari Sabtu
  5. Larangan untuk mengambil hak orang lain
  6. Larangan untuk mencuri
  7. Larangan untuk berzina
  8. Larangan untuk membunuh
  9. Perintah untuk menghormati orangtua
  10. Larangan untuk melakukan sumpah palsu (berdusta)

Itulah isi 10 perintah Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa ‘Alaihis Salam.

2. Kitab Zabur

Kitab kedua yang wajib kita imani adalah kitab Zabur, kitab ini diturunkan kepada Nabi Dawud ‘Alaihis Salam untuk diajarkan kepada Bani Israil.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

“Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Dan sungguh, Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dawud.” [QS. Al-Isra ayat 55]

3. Kitab Injil

Injil adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa ‘Alaihis Salam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِم بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ

“Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.” [QS. Al-Ma’idah ayat 46]

4. Qur’an

Alquran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sebagai petunjuk dan pedoman seluruh umat manusia.

Al-Qur’an berisi firman-firman Allah yang diwahyukan secara langsung kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melalui malaikat Jibril.

Alquran adalah sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sekaligus sebagai salah satu tanda dari kenabian.

Al-Qur’an menjelaskan sendiri bahwa isi dari Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Terkadang juga dapat berisi cerita mengenai kisah bersejarah, dan menekankan pentingnya moral.

What do you think?

Written by Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0