in ,

Doa Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan

berdoa kepada Allah

Dalam menjalani hidup pasti penuh dengan dinamika, kadang hidup terasa sangat menyenangkan, namun ada kalanya hidup terasa seperti sangat sulit.

Hal-hal yang demikian itu memang sudah termasuk bagian dari rencana Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk memberikan ujian sekaligus pengajaran kepada hamba-hamba-Nya.

Jika kamu sedang berada dalam hidup yang penuh kenikmatan, maka syukuri apa yang sedang kamu jalani, dan ingatlah selalu kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai Tuhan yang telah memberikan semua kenikmatan itu.

Lalu jika kamu sedang berada dalam hidup yang penuh dengan masa-masa sulit, maka bersabarlah dan teruslah berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar selalu diberikan kemudahan dalam menghadapi kesulitan hidup.

Sebab, sebagai umat yang beriman, kita tentu meyakini bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya melampaui batas kemampuan hamba-Nya itu. Dan kita percaya bahwa setiap kesulitan pasti akan jalan keluar.

Do’a Agar Dimudahkan Segala Urusan dalam Menghadapi Masalah Hidup

Praying to Allah

Ketika sedang menghadapi masalah, selain berusaha kita juga harus berdoa dan meminta petunjuk serta jalan keluar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bacalah doa ini ketika sedang menghadapi kesulitan dan masalah agar segera dimudahkan segala urusan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: “Ya Allah! tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau meng-hendakinya.” [HR. Ibnu Hibban]

Adapun hikmah dari doa tersebut antara lain:

  1. Segala kemudahan itu hanya datang dari Allah, sementara segala kesulitan bisa menjadi mudah atas kehendak Allah.
  2. Allah akan memberikan kemudahan bagi mereka yang selalu bertawakal kepada Allah, sebagai manusia yang lemah, hendaknya hati kita selalu bergantung kepada Allah.
  3. Manusia memang bisa berkehendak, namun kehendak tersebut bisa tercapai jika Allah menghendakinya.

Yuk, amalkan doa ini agar kita selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan segala urusan, dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0