in ,

6 Janji Allah Kepada Orang yang Bersedekah

Sedekah

Salah satu ibadah yang mudah untuk dilakukan adalah bersedekah. Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas akan mendatangkan pahala yang besar, dan bisa menjadi salah satu amalan yang pahalanya tidak akan terputus.

Jika kamu berpikir bahwa sedekah hanya dilakukan dengan memberikan harta atau uang, maka buang jauh-jauh pikiran tersebut. Sebab, di dalam Islam seorang muslim bisa bersedekah dengan apa saja yang bermanfaat, asal dilakukan dengan ikhlas lillahi ta’ala.

Sedekah bisa dilakukan dengan menolong orang lain yang sedang kesusahan, mengajarkan ilmu yang bermanfaat dengan ikhlas, dan sebagainya. Sedekah yang paling mudah digambarkan dalam sebuah hadits, yaitu dengan memberikan senyum seperti sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

‎تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” [HR. Tirmidzi]

Sedekah memiliki keutamaan dan manfaat baik untuk kebaikan dunia maupun akhirat. Berikut ini adalah 6 janji Allah kepada hamba-Nya yang senang bersedekah.

sedekah2 6 Janji Allah Kepada Orang yang Bersedekah

1. Dihapuskan Dosanya

Sedekah bisa menghapus dosa, hal ini disampaikan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sabdanya,

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” [HR. Tirmidzi]

Rasulullah menggambarkan dihapusnya dosa-dosa orang yang bersedekah itu ibarat air yang memadamkan api.

2. Mendapat Naungan di Hari Akhir

Di hari akhir kelak, tidak ada seorang pun yang bisa menolong orang lain. Yang bisa menolongnya hanya amal perbuatannya saja di dunia.

Ada beberapa golongan manusia yang kelak di hari akhir akan mendapatkan naungan, salah satu dari mereka adalah orang yang bersedekah dengan ikhlas.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” [HR. Bukhari]

3. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Allah akan melipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah. Janji ini diabadikan di dalam Alquran, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Masuk Surga Melalui Pintu Khusus Para Ahli Sedekah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” [HR. Bukhari dan Muslim]

5. Dibebaskan dari Siksa Kubur

Kubur adalah tempat persinggahan pertama manusia setelah mati. Sebelum dihisab, orang-orang akan mendapatkan nikmat atau siksa di dalam kubur sesuai dengan amal perbuatannya di dunia.

Jika amal perbuatannya baik, maka dia akan dibebaskan dari siksa kubur. Salah satu amal yang bisa membebaskan manusia dari siksa kubur adalah sedekah.

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” [HR. Ath-Thabrani]

6. Dijauhkan dari Api Neraka

Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah akan membuat seseorang dijauhkan dari api neraka.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” [HR. Bukhari dan Muslim]

Jadi, janganlah pernah merasa berat untuk bersedekah. Sebab, sedekah selain mendatangkan pahala yang berlipat, juga memiliki keutamaan bagi orang-orang yang melakukannya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0