in

MyWapBlog.com Kembali, Inilah Sejarah Singkat MyWapBlog

mywapblog.com daftar

Virenial – MyWapBlog.com adalah sebuah platform blogging yang cukup populer di kalangan blogger antara tahun 2008 hingga 2016. MyWapBlog memudahkan penggunanya untuk dapat mengelola blog dari perangkat ponsel.

Pada saat itu, MyWapBlog.com atau MWB di Indonesia begitu populer di kalangan remaja. Hampir sama seperti platform blogging gratisan lainnya, semua blog yang didaftarkan di MyWapBlog akan di subdomain mywapblog.com.

Sejarah Singkat MyWapBlog.com

MyWapBlog merupakan layanan blogging gratis yang hampir sama seperti Blogspot, WordPress, dan sejenisnya yang memungkinkan penggunanya untuk membuat blog dan menulis konten disana.

MyWapBlog atau sering dikenal juga sebagai MWB didirikan oleh seorang warga negara India bernama Arvind Gupta pada tahun 2008.

Ketika mendirikan MyWapBlog, Mr. Arvind Gupta pada saat itu masih berusia 19 tahun. Pada saat itu, Arvind Gupta memiliki keinginan untuk membuat layanan blog yang dapat dapat diakses dan dikelola dengan mudah tak hanya melalui peramban desktop, namun juga dapat dikelola dengan mudah di peramban seluler.

Dengan kemampuan programming yang ia miliki, terciptalah layanan blogging yang ramah dengan semua perangkat tersebut yang ia berinama MyWapBlog.

Nama MyWapBlog sendiri merujuk pada kata WAP yang merujuk pada situs seluler, dan Blog yang merujuk pada halaman Weblog.

Arvind Gupta mulai membangun MWB pada Agustus 2008, kemudian pada September 2008, Arvind Gupta mendaftarkan domain MyWapBlog.com yang menjadi domain layanan blogging yang ia bangun tersebut.

Kemudian, pada bulan berikutnya, Arvind Gupta meluncurkan layanan tersebut dalam versi percobaan.

Pada awalnya, MyWapBlog hanya mendukung Bahasa Inggris. Kemudian, pada tahun 2009, Arvind Gupta menambahkan layanan dalam Bahasa India, namun hal itu tidak berlangsung lama.

Layan blog gratis dari MWB itu pun mulai dikenal di Indonesia. Mulai banyak sekali blogger-blogger Indonesia yang menggunakan layanan MyWapBlog sebagai platform blogging mereka.

Kemudian, pada tahun 2012, David Khoirul menerjemahkan MyWapBlog.com ke Bahasa Indonesia dan meluncurkannya pada tanggal 17 September 2012. MWB begitu populer di Indonesia pada saat itu, pengguna MyWapBlog sendiri 70% berasal dari Indonesia.

Darimana Pendapatan MyWapBlog.com?

Arvind Gupta merupakan satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan situs MyWapBlog.com.

Memelihara situs sebesar MyWapBlog, pasti tidak membutuhkan biaya yang sedikit. MyWapBlog.com menampilkan iklan di situs-situs blog pengguna secara acak untuk meraup pendapatan sekaligus sebagai biaya perawatan MyWapBlog.com.

Selain dari iklan, pendapatan lain dari MyWapBlog juga bersumber dari keanggotaan premium. Untuk menjadi anggota premium, pengguna bisa membayar sebesar $30 per tahun.

Perkembangan MyWapBlog dan Penutupan Layanan

Seiring berjalannya waktu, pengguna MyWapBlog terus bertambah. Pengunjung MWB sendiri didominasi oleh para pengunjung dari Indonesia.

Diperkirakan, MyWapBlog sedikitnya menerima kunjungan sebanyak 50 juta kali sebulan, Quancast mencatat Indonesia sebagai sumber pengunjung terbanyak pada jaringan situs MyWapBlog.com.

Alexa mencatat domain MyWapBlog berada di peringkat 114 di Indonesia menurut Alexa , sedangkan pada peringkat dunia MyWapBlog menempati peringkat 4881.

Pada tahun 2016, secara tiba-tiba Arvind Gupta menerbitkan postingan di blog resmi MyWapBlog yang mengatakan bahwa layanan tersebut akan ditutup secara bertahap. Pada 15 November 2016, layanan MyWapBlog secara resmi ditutup.

MyWapBlog.com Aktif Kembali

Setelah 4 tahun lamanya ditutup, kerinduan para pengguna MyWapBlog akan layanan blogging legendaris tersebut akhirnya dapat terobati dengan diaktifkannya kembali MyWapBlog.

Kini, MWB bisa kembali digunakan sebagai layanan blogging gratis yang dapat dikelola dan diakses melalui ponsel dengan mudah.

Itulah sejarah singkat dari layanan blog legendaris, MyWapBlog yang kini kembali aktif. Jika kamu salah satu mantan pengguna MyWapBlog, kini kamu bisa mendaftarkan blog MyWapBlog kamu dan memulai kembali mengisi konten di sana.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0