in ,

Sempat Diundur, BLT BPJS Tahap 3 Dijadwalkan Cair Hari Ini

BLT BPJS Rp. 600.000

Virenial – Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 3 sempat ditunda.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berencana melakukan pencairan dana bantuan tersebut pada Jumat, 11 September 2020.

Alasannya keterlambatan pencairan dana bantuan pada karyawan bergaji dibawah Rp. 5 juta tersebut dikarenakan pihak Kemnaker masih melakukan pengecekan data 3,5 juta karyawan calon penerima bantuan.

Setelah sempat diundur, Kemnaker merencanakan jadwal pencairan dana bantuan kepada karyawan tersebut pada Senin, 14 September 2020 atau hari ini.

Proses pencairan dana bantuan tersebut masih sama seperti tahap-tahap sebelumnya, yakni akan ditransfer secara langsung ke rekening masing-masing pekerja yang terdaftar dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah dilakukan cek ulang, kemudian data selanjutnya akan di serahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sebagai pemberi anggaran kepada bank penyalur.

Dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), proses transfer kemudian dilakukan oleh bank yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara).

Bank-bank yang tergabung dalam Himbara tersebut yakni Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Mandiri maka langsung disalurkan kepada rekening penerima BLT Rp 600 ribu.

Namun karena proses dilakukan oleh bank yang tergabung dalam Himbara, sehingga pencairan ke bank swasta lain seperti BCA, Danamon, My Bank dan lainnya butuh waktu.

Menurut Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Soes Hindarno, bahwa untuk proses pentransferan ke bank swasta memerlukan waktu selama lima hari.

Artinya, jika proses transfer dimulai Senin, maka setidaknya dana akan masuk ke rekening bank swasta antara Kamis hingga Jumat.

Namun Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menegaskan pemilik bank swasta apabila data sudah valid pasti akan dicairkan, hanya membutuhkan waktu saja.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0