in ,

Penelitian: Antartika Alami Suhu Terpanas Selama 31 Tahun Terakhir

Antartika

Virenial – Universitas Santiago de Chile beberapa waktu lalu mengeluarkan sebuah hasil studi yang menjelaskan situasi yang terjadi di Antartika dalam beberapa dekade terakhir.

Dalam hasil studi tersebut terdapat beberapa fakta menyeramkan tentang kenaikan suhu di Antartika yang berkaitan dengan fenomena pemanasan global.

Studi tersebut menjelaskan bahwa tahun 2020 merupakan tahun terpanas selama tiga dekade terakhir.

Menurut para peneliti di Pangkalan Frei Angkatan Udara Chili di Pulau King George, suhu yang terjadi di semenanjung Antartika mencapai 2 sampai 3 derajat celcius.

Angka suhu tersebut merupakan hal yang aneh, mengingat suhu rata-rata di Antartika biasanya berada di bawah angka 0 derajat celcius.

Cuaca ini terjadi dari daratan antartika selama enam bulan sejak Januari sampai Agustus 2020.

“Di ujung paling utara Semenanjung Antartika, suhu maksimm rata-rata sepanjang tahun ini di atas 0 derajat. Ini tidak pernah terjadi dalam 31 tahun,” jelas seorang peneliti dari Chilean Antarctic Institute (INACH), Raul Cordero.

Cordero mengaku bahwa ia mengkhawatirkan jika situasi ini terus terjadi. Karena hal ini bisa menyebabkan kenaikan air laut terjadi secara cepat dikarenakan mencairnya es-es yang ada di daerah kutub.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0