in ,

Pakar Sebut Kemampuan Menular Virus Corona Semakin Menguat

Kasus wabah coronavirus masih menjadi perhatian dunia, Komisi Kesehatan Nasional Republik Rakyat China menyebutkan bahwa potensi penularan virus corona belakangan ini semakin menguat.

Sejak dilaporkan kasus penularan virus corona pertama kali pada Desember 2019 lalu, hingga kini sudah ada 4.473 kasus positif korona di beberapa negara dengan korban terbanyak berasal dari China.

Untuk jumlah korban meninggal akibat virus corona ini sudah mencapai 107 orang yang sebagian besar merupakan lansia.

Coronavirus Bermutasi?

Dilansir dari situs Wartaekonomi.co.id, Ketua Komisi Kesehatan Nasional China, Ma Xiaowei dalam konferensi pers kemarin menyebutkan bahwa kemampuan penularan virus corona menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

“Kemampuan penularan menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Sumber penularan juga bergerak dan dan mempersulit pengendalian dan pencegahan penyakit ini,” ungkapnya.

Ia menegaskan, pengetahuan otoritas China terkait virus itu masih sangat terbatas dan mereka belum bisa memastikan risiko mutasi virus tersebut.

Dalam laporan hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa virus corona Wuhan ini mampu menular pada masa inkubasi. Hal ini berbeda dengan virus corona penyebab SARS pada 2002 silam.

Masa inkubasi merupakan periode dari terpaparnya pasien dengan virus hingga munculnya gejala penyakit. Virus corona dari Wuhan diketahui memiliki masa inkubasi selama dua pekan atau 14 hari.

Sehubungan telah dipastikannya potensi penularan antar-manusia, ini berarti virus corona dari Wuhan bisa ditularkan orang yang belum menunjukkan gejala-gejala penularan.

Ditulis oleh Ahlun

Lagi ngejalanin hidup yang 'gini-gini aja'. Hehe

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0