Lightbulb
in ,

Lamphone, Teknik Penyadapan Lewat Bohlam dari Israel

Tim peneliti keamanan siber dari Universitas Ben-Gurion di Negev, Israel bersama dengan Institut Sains Weizmann baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan dan mendemonstrasikan teknik penyadapan baru bernama Lamphone.

Teknik penyadapan ini bisa dibilang sangat tidak biasa dari teknik penyadapan pada umumnya. Penyadapan dengan teknik Lamphone ini hanya membutuhkan lampu bohlam untuk menyadap target.

Cara kerja dari teknik penyadapan ini sangat bergantung pada getaran yang menjadi media pendeteksian gelombang suara.

Hasil dari getaran-getaran kecil itulah yang akan diambil sebagai rekaman percakapan sekaligus menganalisa suara yang dikeluarkan.

Lightbulb Wallpaper

Tim peneliti pun telah mengembangkan algoritma pendukung untuk analisis suara yang lebih akurat.

Algoritma tersebut digunakan untuk memulihkan suara yang terekam pada sebuah bola lampu lewat pengukuran optik, yang kemudian ditangkap oleh sensor elektro-optik. Tim peneliti berhasil melakukannya pada pidato Presiden Donald Trump yang dapat didengar, maupun ditranskripsi (dituliskan) oleh Google’s Speech to Text API.

Teknik ini akan dipamerkan di Black Hat USA 2020 bulan September mendatang. Dengan kemampuan semacam itu, Lamphone bisa digunakan untuk mencuri informasi berharga dari korbannya seperti nomor kartu kredit, data pribadi, maupun percakapan rahasia yang amat sensitif. Jelas akan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan Lamphone sebagai alat penyadapan.

Meski telah menemukan teknik penyadapan yang luar biasa canggihnya, tim peneliti juga mengungkapkan kelemahan teknologi Lamphone.

Menurut mereka, target atau korban bisa terhindar dari teknik ini dengan melakukan pengurangan intensitas jumlah cahaya pada bohlam.

Written by Nazar

Hanya seseorang yang sangat suka dengan tempe penyet, mendoan dan klepon. Sangat tertarik dengan teknologi dan senang mencoba hal-hal baru.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0