in ,

Kemnaker Umumkan Akan Percepat Penyaluran BLT BPJS Termin 2 Tahap III Sampai V

Ida Fauziyah

Virenial – Kemnaker memberikan pengumuman terkain jadwal pencairan Bantuan Subsidi Upah termin 2 tahap 3 hingga 5.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah pada Senin, 9 November 2020 lalu ketika memberitahukan pencairan Subsidi Gaji/Upah BSU Termin II Tahap I.

Menteri Ida menegaskan bahwa pihaknya kini tengah melakukan upaya untuk mempercepat penyaluran dana bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Lebih lanjut, Ida menjelaskan bahwa tidak ada penundaan pencairan dana bantuan pada termin II ini baik tahap 1, 2 dan seterusnya.

“Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat,” kata Menaker Ida.

Ini disampaikan Menaker Ida pada Senin (9 November 2020) saat pemberitahuan pencairan Subsidi Gaji/Upah BSU Termin II Tahap I.

“Sebelumnya Kami mendapat informasi bahwa penyaluran termin II ditunda. Hal itu tidak benar. Buktinya, termin II tahap I sudah disalurkan sejak Hari Senin (9 Nov.), dan hari ini dilanjutkan untuk tahap II,” kata Menaker Ida menjelaskan.

Ini disampaikan Menaker Ida pada Jumat (13 November 2020) saat pemberitahuan pencairan Subsidi Gaji/Upah BSU Termin II Tahap II.

Dari penjelasan pihak Kemnaker yang disampaikan oleh Menaker Ida Fauziyah, jelas bahwa pihak pemerintah menginginkan pencairan bantuan Subsidi Gaji/Upah BSU Termin II mengupayakan mempercepat, agar bisa secapatnya diterima oleh karyawan.

Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah BSU adalah salah satu program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Subsidi Gaji/Upah BSU ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI; pekerja penerima upah; tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020; upah di bawah Rp5 juta; dan memiliki rekening aktif.

Menaker Ida memastikan bahwa bagi pekerja/buruh penerima BSU yang sudah memenuhi syarat, maka pencairan termin II BSU akan tetap dilanjutkan sesuai prosedur.

Dari semua penjelasan diatas, jelas Kemnaker terus mengupayakan agar bantuan Subsidi Gaji/Upah BSU BPJS Termin II akan disalurkan secepatnya tanpa menunda-nunda.

Sebagaimana diketahui, bantuan subsidi upah BSU disalurkan kepada para pekerja atau buruh yang bergaji kurang dari Rp5 juta per bulan. Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah sebesar Rp600.000 disalurkan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta.

Bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin I sebesar Rp1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin II sebesar Rp 1,2 juta pada November-Desember 2020.

Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0