in ,

Fakta Tentang Corona Virus Wuhan yang Mematikan

Medical staff transfer a patient of a highly suspected case of a new coronavirus at the Queen Elizabeth Hospital in Hong Kong, China January 22, 2020. Picture taken January 22, 2020. cnsphoto via REUTERS. ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Fakta bahwa virus corona yang mewabah dan menyebabkan penyakit mematikan ini sedang menjadi perhatian dunia. Virus yang pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, China ini, kini sudah mulai menyebar ke beberapa negara lain. Adapun gejala virus corona ini hampir sama seperti flu biasa.

Di Asia Tenggara, sedikitnya sudah ada tiga negara yang melaporkan kasus positif penyebaran virus corona.

Beberapa negara lain juga telah mengkonfirmasi bahwa koronavirus kini menyebar di wilayah mereka, yakni Thailand, Vietnam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Nepal, Prancis, Amerika Serikat, Australia, dan bahkan di Indonesia.

Kasus kematian akibat virus ini memang baru terjadi di China, namun masyarakat di Indonesia khususnya diharapkan agar tetap waspada terhadap penyebaran virus ini.

Kenali gejala virus corona, penyebab, pencegahan dan cara mengobati akibat infeksi coronavirus.

Sebab, virus corona memiliki gejala yang hampir sama seperti flu biasa yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam. Berikut ini beberapa fakta tentang virus corona yang menyebabkan kematian di China.

Corona virus Wuhan

Virus Corona Telah Menelan 41 Korban Jiwa

Virus ini dilaporkan pertama kali pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China. Hingga saat ini, sudah ada 41 korban jiwa akibat wabah virus corona ini.

Virus korona yang bermutasi ini juga dilaporkan sudah menginfeksi sebanyak lebih dari 1.300 orang di berbagai negara lain.

Hingga saat ini, otoritas kesehatan di seluruh dunia sedang berjuang keras untuk melakukan pencegahan agar virus korona tidak menyebar lebih jauh.

Seluruh Kematian Akibat Coronavirus Berada di Wuhan, China

Dari 41 korban jiwa akibat virus ini, seluruhnya dilaporkan berada di kota Wuhan, China.

Wuhan juga disinyalir sebagai awal mula penyebaran virus tersebut. Otoritas kesehatan setempat juga memperkirakan bahwa penularan corona dari manusia ke manusia dipercaya berasal dari pasar di Wuhan yang memperdagangkan secara ilegal sumber dari alam liar.

WHO Belum Menyatakan Status Darurat Internasional

Meski sudah menyatakan bahwa wabah virus korona ini sebagai “keadaan darurat di China”, namun WHO belum menyatakan sebagai kegawatan internasional.

Hingga saat ini virus terus menyebar secara global. Di Eropa, Perancis menjadi negara Eropa pertama yang melaporkan kasus positif coronavirus di Benua Biru.

Negara-Negara Terdampak Corona

Hingga sekarang, koronavirus terus menyebar ke berbagai negara di dunia. Beberapa negara yang melaporkan kasus positif corona antara lain:

  1. China
  2. Amerika Serikat
  3. Australia
  4. Jepang
  5. Korea Selatan
  6. Malaysia
  7. Nepal
  8. Perancis
  9. Singapura
  10. Thailand
  11. Taiwan
  12. Vietnam

Kebanyakan korban dari kasus tersebut merupakan wisatawan warga negara China yang sedang berlibur.

Ditulis oleh Anisa

Pemerhati tanda-tanda sederhana :)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0