in ,

Cara Cek Apakah Kamu Termasuk Penerima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Bantuan 600 ribu BPJS Ketenagakerjaan

Virenial – Buruan cek, apakah kamu termasuk pegawai yang menerima bantuan Rp. 600.000 dari pemerintah di BPJS Ketenagakerjaan?

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan berencana memberikan bantuan sebesar Rp. 600.000 kepada karyawan swasta mulai September 2020.

Bantuan sebesar Rp. 600.000 tersebut rencananya akan diberikan kepada pekerja yang bekerja di perusahaan swasta dengan cara langsung ditransfer ke rekening masing-masing agar tidak ada penyalahgunaan.

Para penerima subsidi gaji dari pemerintah ini harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, diantaranya adalah pegawai dengan penghasilan dibawah Rp. 5 juta per bulan dan aktif terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Para pekerja yang memenuhi kriteria akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 600.000 selama 4 bulan. Untuk merealisasikan program ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah akan menggelontorkan dana anggaran sebesar Rp. 31,2 triliun.

Bagaimana Cara Mengecek Penerima Bantuan?

Penerima bantuan pemerintah bpjs ketenagakerjaan

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut adalah pekerja harus terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran dibawah Rp. 150.000 per bulan.

Untuk mengecek apakah kamu terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa melakukannya melalui beberapa cara.

Cek Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara yang pertama untuk mengecek status kepesertaan pekerja di BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU.

Aplikasi resmi ini bisa diunduh melalui Play Store untuk Android maupun App Store untuk para pengguna iOS.

Di dalam aplikasi tersebut, kamu bisa melihat status kepesertaan kamu di BPJS Ketenagakerjaan, informasi saldo JHT, dan klaim saldo JHT secara online.

Namun, sebelumnya kamu harus memiliki akun BPJSTKU agar bisa masuk dan melihat status kepesertaan kamu. Jika belum memiliki akun, kamu harus membuat akun baru terlebih dahulu agar bisa login.

Cara Membuat Akun baru di Aplikasi BPJSTKU

Untuk membuat akun baru di aplikasi BPJSTKU, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih Pendaftaran Pengguna BPJSTKU
  2. Pilih jenis kepesertaan kamu (penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia)
  3. Masukkan nama sesuai dengan data di e-KTP kamu.
  4. Masukkan tanggal lahir dan nomor identitas.
  5. Memasukkan nomor KJP atau nomor kepesertaan di kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Masukkan nomor HP yang masih aktif untuk verifikasi
  7. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS.
  8. Selesai. Akun kamu berhasil dibuat.

Jika kamu sudah berhasil login, kamu bisa melihat status keanggotaan kamu di BPJS Ketenagakerjaan. Jika sesuai kriteria, yakni dengan gaji dibawah Rp. 5 juta atau dengan jumlah iuran BPJS Ketenagakerjaan dibawah Rp. 150.000, maka kamu merupakan salah satu penerima subsidi Rp. 600.000 tersebut.

Pengumpulan Rekening Penerima Bantuan

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan sebesar RP. 600.000 tersebut nantinya akan ditransfer secara langsung ke rekening masing-masing pekerja.

Saat ini, BP Jamsostek sedang mengumpulkan nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria penerima bantuan pemerintah.

Perusahaan juga diminta aktif membantu menginformasikan nomor rekening para pekerja yang telah memenuhi kriteria untuk membantu mempercepat proses pengumpulan informasi sekaligus pembaruan data peserta.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0