in ,

BLT Tahap 4 Sudah Mulai Dicairkan, Ada 150 Ribu Data Rekening yang Dikembalikan

53679870 BLT Tahap 4 Sudah Mulai Dicairkan, Ada 150 Ribu Data Rekening yang Dikembalikan

Virenial – Menaker, Ida Fauziyah, sudah mulai mencairkan dana Bantuan Subsidi Upah Tahap 4 ke rekening masing-masing penerima bantuan pada Rabu, 23 September 2020.

Dari 2,8 juta data calon penerima bantuan yang diterima oleh pihak Kemenaker, ada sekitar 150 ribu data rekening calon penerima bantuan yang dikembalikan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa bantuan tersebut benar-benar diberikan tepat sasaran kepada karyawan yang memenuhi kriteria.

“Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN Sisanya sekitar 150.000 kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya. Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah atau gaji tepat sasaran,” kata Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu 23 September 2020.

Setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi upah/gaji ke Bank Penyalur.

Setelah itu, Bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu Bank Himbara maupun bank swasta lainnya.

Sesuai Permenaker Nomor 14 Tahun 2020, pekerja yang mendapatkan bantuan ini harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  • Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;
  • Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;
  • Pekerja/buruh penerima upah;
  • Memiliki rekening bank yang aktif;
  • Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Berdasarkan data Kemnaker hingga 22 September 2020, total sudah 8.822.208 pekerja yang mendapatkan bantuan ini. Atau sekitar 98,02 persen dari 9 juta orang penerima tahap 1 hingga 3.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0