in ,

Belum Masuk ke Rekening, Kapan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Cair? Ini Jawabannya

BLT BPJS

Virenial – Salah satu program bantuan pemerintah di masa pandemi corona ini adalah program Subsidi Gaji bagi para karyawan swasta yang terdaftar dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam program ini, sejauh ini pemerintah sudah mencairkan bantuan tahap 1 ke 2,5 juta rekening pekerja yang dinyatakan lolos verifikasi untuk mendapatkan bantuan ini.

Total, pemerintah menargetkan 15,7 juta pekerja yang akan mendapatkan dana bantuan tersebut. Tahap pertama dari program ini sudah mulai dicairkan sejak 27 Agustus 2020.

Lalu, kapan BLT BPJS tahap 2 akan cair? Dilansir dari Detik.com, menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan pada dasarnya pihaknya tengah menunggu berkas berita acara dan surat pernyataan terkait validnya data dari BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah itu, Kementerian Ketenagakerjaan akan meneruskan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk diproses.

KPPN sendiri akan langsung menyerahkan data ke bank penyalur untuk langsung ditransfer ke rekening para karyawan. Dengan begitu, ia berharap proses BLT Tahap 2 2020 akan selesai di pekan ini.

“Iya (pekan ini). Jadi kami sedang minta BPJS Ketenagakerjaan untuk melengkapi, sudah diserahkan secara sistem 3 juta, lebih banyak dari batch pertama, tinggal kita tunggu tadi surat pernyataan dari BPJS Ketenagakerjaan karena itu sesungguhnya yang diatur dalam peraturan menteri. Jadi kami ingin kesesuaian dengan aturan main yang ada,” ungkapnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Bagaimana Cara Pencairannya?

BLT Pemerintah

Pencairan dana bantuan tersebut akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing pekerja.

Berikut ini cara pencairan bantuan BLT BPJS tahap 2:

  • Pastikan terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan dan rutin membayar iuran.
  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi, SMS, atau perhatikan notifikasi dari bank penyalur BLT.
  • Bagi yang mengaktifkan notifikasi, pemberitahuan dana masuk akan diterima penerima di handphone pribadi.
  • Bagi yang tidak mengaktifkan notifikasi bisa langsung cek saldo ke ATM dan melihat langsung mutasi rekening.
  • Bila ada dana BLT Tahap 2 BPJS Ketenagakerjaan yang masuk, maka bantuan tersebut bisa langsung diambil dan digunakan.

Jika kamu merasa memenuhi persyaratan untuk menerima bantuan tersebut, namun hingga saat ini dana bantuan belum masuk ke rekening, Menteri Ketenagakerjaan meminta untuk bersabar, karena penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0